Training Value #2 BA UGM : ModeL

Suasana Training Value

Suasana Training Value

[Yogyakarta] Training Value Beasiswa Aktivis Nusantara 3 kembali digelar pada tanggal 16 Juni kemarin dengan mengambil tema “ModeL”. Training ini berlangsung di Pusat Kajian Hukum dan Anti Korupsi (PUKAT) Universitas Gadjah Mada.

Dari delapan orang penerima manfaat Beasiswa Aktivis Nusantara Dompet Dhuafa, hanya 6 orang yang hadir. Hafidz, ketua HMI Cabang Sleman Yogya sedang sakit, dan Faisal Kamil, menteri Kajian Strategis BEM KM UGM, sedang berada di Jakarta. Training Value ini disampaikan oleh Mas Asep Sapa’at, penulis buku “Jangan Jadi Guru”.

Value yang dibahas kali ini adalah “Model” atau yang biasa kita sebut “Teladan”. Sebelumnya, pihak Dompet Dhuafa selalu menegaskan bahwa sesungguhnya ini bukanlah training, karena para aktivis sudah terlalu kenyang akan training, apalagi yang bersifat kepemimpinan. Sesungguhnya ini adalah sharing value, di mana value itu di-share dan didiskusikan.

Mas Asep menegaskan bahwa setiap dari kita adalah seorang model, seorang teladan. Seorang pemimpin sejati, adalah orang yang konsisten untuk memberikan keteladanan kepada orang lain. Dan kunci bagi seseorang untuk menjadi model adalah Integritas. Setiap orang harus mempunyai integritas, nilai untuk menyampaikan keteladanan kepada orang lain. Maka dari itu, proses keteladanan adalah proses yang dimulai dari diri sendiri.

Training ditutup dengan diskusi santai mengenai model, pengkultusan, juga terkait keteladanan seorang guru. Lebih lanjut, akan ada juga tulisan teman-teman Bakti Nusa UGM mengenai “Model” Ini.

Tabik.

Iklan